Pages

Pages - Menu

Selasa, 15 Mei 2018

Pilihanku Hotel Horison Palma Pangandaran

Kami sudah lama berkeinginan untuk liburan ke Pangandaran. Bahkan suami hendak pergi hanya modal nekat. Perjalanan Bandung-Pangandaran yang menghabiskan waktu sekitar enam jam bisa saja ditempuh dengan pulang pergi. Namun, saya kurang setuju karena kondisi kami yang mempunyai bocah-bocah kecil. Belum lagi kondisiku yang sering pulang pergi Bandung-Jogja. Alih-alih liburan, mungkin badan malah menjadi remuk. 

Kondisiku sebagai pegawai tugas belajar di luar kota dan sebagai emak rempong, kerap kali memantau tanggal libur dan kalender akademik. Usut punya usut ujian tengah semester (UTS) ini akan berlangsung satu minggu karena anak-anak ada acara study tour ke luar kota. Sementara di kalender akademik berlangsung selama dua minggu. Dari situ saya punya kesempatan untuk liburan lebih lama.

Meskipun berita tersebut belum pasti, saya sudah mulai mencari-cari hotel untuk kami huni selama di Pangandaran. Buatku, hotel menjadi tempat singgah yang penting selama berlibur ke luar kota. Tempat beristirahat dan membersihkan diri setelah lama perjalanan. 

Tidak ada aplikasi yang kupunya selain traveloka. Mulailah pencarianku di sana. Ternyata banyak sekali pilihan hotel di Pangandaran. Harganyapun cukup bersaing. Jadilah saya dibuat bingung karenanya. Wkwkw. Mulai search artikel juga mengenai hotel di Pangandaran dan membandingkan satu sama lain di aplikasi traveloka.

Perbandingan yang biasa saya lakukan adalah rating, harga, dan lokasi. Selain itu, tidak kalah penting adalah baca ulasan para pelanggan yang pernah berkunjung. Semuanya saya temukan di aplikasi traveloka.

Baca juga : MENGINAP DI DUA HOTEL BERBEDA DI BOGOR

Lebih dari seminggu sebelum UTS saya sudah mendapat jadwal yang pasti. Alhamdulillah ternyata jadwal UTS saya memang seminggu. Meskipun rata-rata mendapat jadwal dua mata kuliah sehari. Hiks. 

Dari hasil perbandiang hotel yang rekomended, hati saya tertambat pada Horison Palma Pangandaran. Sepengalaman saya, rating dan ulasan yang tertera pada aplikasi traveloka tidak pernah melenceng. Saya memilih Horison Palma pangandaran karena ratingnya tinggi. Selain melihat nilai rating, kita juga harus memperhatikan jumlah yang memberi rating. Saat itu jumlah pengunjung Horizon Palma yang memberi rating sudah lebih dari 1200. Saya juga melihat ulasan terakhir yang rata-rata memberi nilai sangat baik atau puas. 

Dari aplikasi traveloka saya menemukan hotel ini adalah salah satu hotel yang memiliki diskon hingga 60%. Namun, harga di tiap tanggal berbeda-beda. Untuk hari Sabtu bisa mencapai harga 7 juta per kamar. Maka dari itu, saya memilih check in hari Minggu. Untungnya anak masih TK, tidak apalah ya izin sehari. Heheh. Begitu juga adik saya yang harus bolos kuliah, tapi untungnya keponakan lagi libur karena kelas 6 ada ujian.

Saya memesan hotel pada 5 April 2018 untuk menginap 22 April 2018. Saya mendapatkan harga kamar type duluxe Rp 444.000 untuk dua orang dan Family room Rp. 666.000 untuk empat orang. Harga tersebut sudah mendapat potongan dari promo dan voucher traveloka. Tapi saya gak tahu juga harga sebenarnya berapa. Heheh. Ohya harga itu sudah termasuk sarapan gratis tapi tanpa pembatalan gratis (nonrefundable).

Lokasi Hotel Horison Palma Pangandaran ini sangat mudah dicari. Dari pintu gerbang Pangandaran, kita tinggal lurus sampai ujung sebelum cagar alam. Hotel ini juga sangat dekat dengan pantai Barat, sehingga jika kita ingin bermain ke pantai tinggal menyebrang. Area parkir hanya sebatas depan hotel sehingga kurang luas. Namun, kita dapat menggunakan area di sebelahnya atau sebrang hotel untuk parkir.

Penampakan Gedung
Hotel Horison Palma Pangandaran
Sayangnya jam check in hotel ini pukul 14.00. Kami sudah sampai di Pangandaran sejak subuh. Sesampainya di pangandaran, kami sholat shubuh di mesjid di luar gerbang pantai Pangandaran. Beristirahat dan minum teh di warung dekat mesjid. Kemudian kami mengunjungi pantai Timur untuk menyaksikan matahari terbit. Setelah itu, kami menggelar tikar di pantai Barat untuk membuka perbekalan dan anak-anak bermain di pantai. Selanjutnya kami menggelar tikar dekat cagar alam sambil menunggu waktu check in. Kebetulan di sana sedang ada acara unniversary Hotel Palma Pangandaran yang kedua. Kami menggelar tikar di bawah pohon yang di atasnya bergelantungan monyet-monyet.

Menunggu di cagar alam, sebrang hotel
Tiba pukul 12.00, mungkin kami sudah diperbolehkan untuk check in. Setelah sampai, kami harus menunggu kamar yang sedang dipersiapkan. Kami hanya duduk-duduk di kursi tanpa disediakan welcome drink. Cukup lama kami menunggu, tapi tidak samapi jam 14.00 sih, akhirnya dapat kunci kamar. Kami mendapat dua kamar berbeda lantai. Saya menyetujui saja daripada menunggu lama lagi.

Pegawai-pegawainya cukup ramah, setiap kali bertemu selalu menyapa. Namun, saya selalu lupa memotret setiap masuk ke kamar Hotel. Karena bawaannya ingin langsung istirahat dan menyimpan barang-barang. Tapi saya pastikan kamar yang ada di iklan sama dengan yang saya dapatkan. Kamar dengan type duluxe cukup luas buat kami yang membawa 2 anak kecil. Ternyata welcome drinknya disediakan di kamar, yaitu dua buah minuman kemasan dan dua buah snack.

Deluxe Room

Seperti biasa fasilitas yang kami dapatkan seperti perlengkapan mandi, handuk, sandal, AC, TV, lemari baju. AC dan saluaran air di kamar mandipun lancar. Namun, fasilitas yang berbeda yang saya dapatkan dari hotel-hotel sebelumnya yanga saya kunjungi adalah adanya peralatan sholat dan sisir. Heheh. Saya sudah mewanti-wanti untuk membawa sisir karena sering lupa dan tidak tersedia di Hotel. Tapi ternyata di Horison palma ini sudah disediakan. Dan yang membuat terkagum-kagum, di dalam laci meja terdapat mukena, sejadah, sarung, dan alquran. Suami juga yang sering lupa bawa sarung, tapi alhamdulillah di sini sudah tersedia. Meskipun bukan hotel syari'ah, tapi hotel ini tahu benar kebutuhan para pelanggannya.

Family Room
Yang paling membuat saya tertarik untuk menginap di Horison Palma Pangandaran ini adalah view pantai yang bisa dinikmati dari atas roof top. Pilihan hotel lain yang saya bandingkan waktu itu adalah kelebihannya dengan suasana Bali. Saya lebih memilih view pantai karena memang tujuan ke sini kan lihat pantai. Hihih. Namun, sayang saat sayatidak sabar ingin memandang hamparan luas dari atas, aksesnya baru dibuka pukul 16.00. Ya untuk memandang view pantai dari rooftop Hotel, kita harus masuk cafe. Akhirnya saya kembali ke kamar dan beristirahat.

Roof top Hotel Horison Palma Pangandaran

Mungkin rooftop tersebut di khususkan untuk melihat sunset pada sore hari. Akhirnya kami bersiap untuk memandang laut dan matahari dari atas. Subhanallah.. pemandangan yang indah, yang kami nanti-nantikan sejak lama. Semakin petang, hamparan itu memantulkan cahaya dari atas, kemudian bersatu bersama lingkaran jingga, lalu tenggelam dan hilang berganti dengan kelap kelip lampu. Maka nikmat Rabb-mu yang manakah yang kamu dustakan.

Menyaksikan Sunset di Rooftop hotel





Di cafe itu kami memesan jus, milk shake, dan pizza. Jus seharga Rp 17.000 dan pizza Rp 65.000. Kalau milkshake lupa harhanya karena tetehku yang pesan. Jusnya tidak terlalu kental dan cenderung encer untuk harga segitu. Untuk pizzanya lumayan enak. Tapi nunggu pesanan pizza lama banget sampai anakku bete.



Keesokan harinya kami berencana untuk berenang dan sebelumnya sarapan dulu. Harga kamar yang kami pesan sudah termasuk sarapan. Karena saya bawa dua anak 6 tahun dan 3 tahun, harus bersiap kalau kena charge biaya. Tapi alhamdulillah tidak kena. Makananya lumayan bervariasi, dari makanan berat sampe ringan. Ada bakso pula. Namun, sayang tidak ada nasi goreng. Padahal anak saya suka banget nasi goreng. Ketinggalan atau gimana ya. Yang ada malah nasi kuning. Rasa makanannya enak-enak kok. Karena buatku makanan cuma enak dan enak banget. Hahah.

Breakfast di foto iklan
Foto asli. Mirip kan dengan iklan.


Selanjutnya kami ke kolam renang untuk mengajak anak-anak berenang. Pastinya seneng banget anak-anakku karena kesukaannya main air. Oleh karena itu, fasilitaa kolam renang harus selalu ada pada hotel yang saya pilih. Selain itu, saya juga sedang semangatnya belajar renang. Heheh. Tapi sayang buat kolam ukuran 1,2 m kecil sekali alias pendek jaraknya. Padahal itu ukuran favorit saya buat belajar berenang. Kolam renang untuk anak juga kecil. Untungnya, tidak ada yang berenang selain kami. 




Sebenarnya saat hunting gambar hotel ini, kolam renang tidak terlalu disorot. Sempat saya juga bertanya seperti apa kolam renangnya. Hanya satu gambar dan tidak terlalu jelas. Tapi dalam fasilitas terdapat kolam renang. Yang lebih diunggulkan dalam hotel ini adalah view pantainya di atas rooftop. Jadi pemilihan hotel juga tergantung kebutuhan kita apa yang diinginkan. Kalau mencari yang sempurna tentu agak sulit. Tapi yang terpenting buat saya dalam memilih hotel adalah tidak ada yang komplain pada kamar mandi. Jika sudah ada yang mempermaslahkan kamar mandi dalam ulasan, itu sangat saya pertimbangkan atau bahkan langsung saya skip.

Baca juga : Itinerary Bandung-Yogyakarta Menggunakan Kendaraan Pribadi

Fasilitas lain dalam hotel ini adalah tempat fitnes tapi kami tidak mencobanya dan tempat bermain anak seperti perosotan dan mandi bola meskipun kecil. Sistem lift tidak menggunakan kunci kamar, sehingga jika mau keluar masuk hotel tidak perlu repot semuanya harus ikutan.

Secara keseluruhan, kami puas menginap di hotel ini. Tapi banyaknya pilihan hotel di Pangandaran, tentunya saya ingin mencoba hotel lain untuk menambah pengalaman. Doakan ya bisa berlibur lagi ke Pangandaran. :)

10 komentar:

  1. wow, asyik tu kolam renangnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bersih tp agak kecil.

      Makasih sudah mampir mbk.

      Hapus
  2. hai mom, bisa nih hotelnya untuk referensi saya nanti saat traveling bareng orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbk. Liburan bersama keluarga :)

      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  3. aku udah lama banget ga ke pangandaran, terakhir kesana jaman sd padahal aku tinggal di bandung dan mama papa asli ciamis. hahaha. aku amazed ternyata udah banyak juga penginapan mewah sekitaran sana yah, aku sama sepupu2 aku tuh pengen kesana tapi tiap kali planning ga jadi terus. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah orang ciamis wajib datang ke pantai pangandaran. Ayoo mbak viralkan pangandaran. hehehe.

      Hapus
  4. Wah hotelnya kelihatan nyaman banget dan recomended...love it

    www.renidwiastuti.com

    BalasHapus
  5. oh ada horison jg di pangandaran... asyik banget rooftopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. Bisa leyeh2 di sana sambil menunggu senja. Heheh.

      Hapus