Pages

Pages - Menu

Senin, 04 Juni 2018

Bukber Romantis di Rooftop Satoria Hotel Yogyakarta

Untuk pertama kalinya saya mengikuti buka bersama alias bukber. Bukan apa-apa, hal tersebut karena kali ini saya tinggal di rantau sendirian, tanpa keluarga kecilku. Jadi momen buka bersama menjadi sangat diperlukan agar segala kemelut kesedihan tidak menimpa saat buka puasa tiba. Apalagi teman-teman di kostku rata-rata nonmuslim karena berdekatan dengan univeraitas kristen. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk berbuka bersama teman seperjuangan. Tidak harus di tempat spesial, bahkan di mesjidpun menjadi kebahagiaan tersendiri.

Dan untuk pertama kali juga saya merasakan berbuka puasa di hotel. Kami ingin merasakan suasana berbuka puasa yang berbeda. Selain itu, sebagai penutup kebersamaan kami di bulan ramadhan karena ini merupakan minggu terakhir perkuliahan sebelum Idul Fitri. 

Seperti biasa, yang saya rasakan, hari-hari atau satu minggu menjelang libur panjang selalu diliputi tugas-tugas yang menyita waktu dan pikiran. Sehingga kami memilih hari senin untuk buka puasa di tempat yang berbeda. Hal itu dikarenakan senin tidak terlalu padat dengan tugas di hari berikutnya. Meskipun hari berikutnya tidak tertutup kemungkinan masih berbuka bersama. Heheh.

Selanjutnya kami berembug untuk menentukan tempat sampai diputuskan Satoria Hotel sebagai pilihan. Alasan utamanya adalah suasana tempat yang berbeda dimana hotel tersebut menyuguhkan view yang bagus yakni di atas gedung hotel atau yang dikenal dengan Rooftop. View kota dari atas juga kolam renang yang jernih bisa menambah suasana tenang saat menunggu pergantian hari. Selain itu, Satoria hotel menerapkan sistem All You Can Eat dengan harga mulai 60k/pak. Jadi, kita bisa makan sepuasnya tanpa tambahan biaya. Jarak hotel ini juga cukup dekat dengan tempat tinggal kami sehingga dianggap menjadi pilihan yang tepat untuk kami bukber.

Tepat hari Minggu, satu hari sebelumnya, saya direct message (dm) via instagram, menanyakan ketersediaan tempat untuk kami berlima dan menu hari Senin. Kemudian pihak Satoria mengirimkan daftar menu hari Senin tanpa menjawab ketersediaan tempat untuk 5 orang. Saya khawatir kuotanya sudah penuh karena saya pesan sudah H-1. Lama tidak menjawab mengenai kuota, saya meminta salah satu teman untuk menelepon agar mendapat kejelasan. Hasil menelepon ternyata kuota sudah penuh untuk hari Senin dan masih tersedia untuk hari Selasa. Akhirnya kami kelimpungan deh buat cari pengganti tempat buka bersama yang spesial. 

Numun, tiba-tiba pukul 5 sore di layar ponsel saya tertulis satoriahotel. Ternyata Satoria membalas pesan saya. Dan masih tersedia kuota untuk 5 orang. Kemudian dia menanyakan nama dan nomor whatsapp. Setelah saya membalasnya, saya menanyakan tentang DP (downpayment). Ternyata harus DP 50%. Namun, nomor rekeningnya belum diberikan. Tidak mau dihinggap php, akhirnya saya menelpon. Dengan saya memberi nomor wa, pihak satoria menghubungi saya dan memberi nomor rekeningnya. Salah satu teman saya mentrasfer sejunlah uang sebagai DP. Akhirnya kami jadi deh buka puasa di Satoria Hotel.



Tarif untuk berbuka puasa di Satoria Hotel adalah 70k/pak. Jika lebih dari 20 orang bisa mendapat harga 60k/pak. Dari flyer yang diberikan, untuk menu bukber hari Senin terdiri dari Takjil (kurma, kolak ubi, sosis solo, klepon), Appetizer (asinan Bogor, tahu gimbal), Main Course (nasi putih, bihun goreng, capcay, ayam rica, ikan bakar, sambal, acar, kerupuk), Dissert (fresh fruits, assorted pudding, assorted cake, es campur), babakaran (tradisional babakaran), soup sayur, live cooking (aneka gorengan dan martabak mesir), Stall (mie ayam), minuman (teh, kopi, juice, infuse water, dan 20 macam es campur).




Restoran sudah buka mulai pukul 16.30. Kami berangkat sekitar pukul 16.20. Waktu berbuka sebenarnya masih lama, tetapi karena kami berburu rooftop sehingga datang ketika mulai dibuka. Untuk konfirmasi kedatangan ternyata kami tidak perlu ke lobi depan (reseptionis), tetapi langsung saja ke restorannya. Sebenarnya di lantai bawah juga ada restoran. Karena kami booking tempat di rooftop maka langsung ke atas dan konfirmasi pada petugas yang ada di sana. Ternyata namaku sudah tercantum di salah satu meja, sesuai dengan janjinya. Karena sudah Dp maka kami bisa mendapatkan tempat yang sesuai pesanan (rooftop).


Sebenarnya ini kedua kalinya saya datang ke hotel ini. Sehingga sudah mengetahui suasana di rooftop ini. Tidak terlalu luas tetapi cukup nyaman untuk dinikmati apalagi saat senja mulai turun di kaki langit sebelah barat. Begitupun dengan makanan yang disediakan disini. Saat kunjungan pertama yaitu menginap sekitar akhir Oktober tahun lalu dengan breakfast di dalamnya, tidak menyisakan pengalaman yang kurang baik. Dalam artian pelayanan, fasilitas, dan makanan cukup memuaskan. Sehingga saya berani untuk kembali lagi ke sini walaupun hanya untuk berbuka puasa.

Kami duduk di kursi yang sudah disediakan sambil menunggu satu teman yang belum datang. Tidak lupa kami berfoto ria untuk mengabadikan momen. Dan bagiku tentunya untuk keperluan posting. Heheh. Namun, sayang sore ini nampaknya cuaca sedang berkabut. Semburat jingga di hamparan cakrawalan tidak terlihat dalam pandangan kami. Hanya lingkaran sempurna yang terlihat merona begitu terang, lalu tertutup awan dibagian tengahnya, dan perlahan tenggelam menghilang dari pandangan. Seiring dengan itu, lampu-lampu hias dinyalakan meski belum temaram. Setiap sudut sudah diterangi lampu yang membuat kami harus menghindar dari silaunya saat memotret. Juga penerangan di dalam sisi kolam yang membuat warna air begitu jernih dan biru maksimal.





Adzan di tempat setinggi ini, tidak cukup terdengar di telinga kami. Saya hanya mengandalkan jadwal sholat di aplikasi smartphone. Lima menit sebelum jadwal magrib, kami sudah membawa menu makanan terutama takjil. Saat kembali ke meja, seorang teman sudah menyantap menunya. Ternyata waktu magrib sudah tiba. 

Pertama kali saya minum air teh dan rasanya tawar. Ternyata gula disediakan secara terpisah. Selanjutnya makan dua buah kurma. Karena tempat duduk kami dekat pembakaran, maka saya mengambil dua sate baso ikan dan satu sayap ayam. Lalu mengambil buah dan cake. Sambil menunggu antrian makan yang panjang, saya menyantap makanan yang sudah diambil. Kemudian mengambil jus jeruk dan jambu. Kedua jus itu terasa kurang manis dilidah saya, mungkin karena sudah banyak es yang mencair.

Asinan Bogorpun tak lupa saya enyah. Rasanya segar di lidah tapi ada kekhawatiran sakit perut karena belum makan. Akhirnya saya berjuang mengantri. Menu yang saya dapatkan diantaranya nasi putih, mie goreng, tumis tempe, capcay, ikan filet tepung, soto ayam. 

Masih terdapat makanan yang belum sesuai dengan jadwal yang ada di flyer, seperti stall mie ayam. Padahal salah satu temanku sudah ingin banget makan mie ayam. Dari segi rasa, saya menemukan perbedaan dengan breakfast saat menginap tahun lalu. Mungkin antara breakfast dan dinner berbeda chef, atau antara restoran bawah dan rooftop berbeda resep. Ada sedikit kekecewaan yang saya bawa sepulang dari bukber ini, tetapi yang sedikit itu masih bisa tertutupi dengan pelayanan yang ramah serta suasananya yang nyaman dan romantis. Hihihi.


Ohya untuk sholat magrib, terdapat mushola di lantai bawah. Untuk yang mau berselang dengan sholat, jangan khawatir ditinggalin karena di sini tidak dibatasi dengan waktu. Sampai kami pulangpun masih ada sedikit sisa makanan. Makanan yang disediakan sudah sesuai dengan kapasitasnya. Jadi jangan takut kehabisan. Heheh.

8 komentar:

  1. Wah bagus pemandangannya mb. Hotel Satoria ini di jalan apa ya? Kebetulan bulan depan saya mau ke Jogja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jl. Laksda adi sucipto mbk. Arah ke bandara :)

      Hapus
  2. Duduk santai buat dinner di sana kapan kapan, asik kali yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiik mbak. Apalagi sama pasangan. Heheh

      Hapus
  3. Waaaaa viewnya keren banget Mba Wit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbk.. tp klo hujan harus minggir deh. Heheh.

      Hapus
  4. Wahh tempatnya bagus ya mbak, cozy banget, harga juga terjangkau bgt 70rb/pax. Aku pgn ke resto yg di rooftop gitu tp blm kesampean hahahaha.

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook mbk sempetin dan cari2 yang promo biar pikiran fresh. Heheh.

      Hapus